FOTO SLIDE

HOME THEATER


8.1   Pendahuluan
Sampai sekarang cara terbaik menonton film adalah pergi ke gedung bioskop. VCR telah memudahkan orang untuk menyewa atau membeli film dan menontonnya dirumah, namun TV tidak sebanding dengan layar lebar di gedung bioskop dan sistem suara yang surround. Tidak hanya layar TV yang dapat dibandingkan melainkan juga kualitas speaker rendah, format film tidak sesuai dengan layar TV.
­            Keberadaan DVD yang mampu menghadirkan kualitas gambar setara dengan gambar layar lebar, mengakibatkan banyak  orang kembali ke ruang TV untuk dijadikan sebagai home teater. Home teater diupayakan menggunakan proyektor dan layar yang mahal. Perkembangan teknologi telah memberikan pilihan untuk melakukan pengaturan home teater yang lebih tenang, nyaman dengan kualitas suara dan gambar yang sangat serasi.

8.2   Pengertian Home Teater
Home teater  sebenarnya  istilah ini lebih  mendekati hiburan rumah. Sistem home teater pada umumnya merupakan kombinasi dari perancangan komponen elektronik untuk menciptakan pengalaman menonton film dalam suatu ruang teater  yang mengasyikan dari pada bila menonton televisi.  Untuk melihat bagaimana home teater melakukan
hal ini, marilah  kita perhatikan model asli gedung bioskop. Pada saat gambar dan suara datang, teater dapat memberikan pengalaman yang menakjubkan yang tidak dapat diperoleh di rumah.  Terdapat beberapa komponen utama yang membuat menonton televisi dan pergi ke gedung bioskop sangat berbeda.
·      Salah satu perbedaan terbesar adalah pengalaman suara. Bila melihat film kualitas gedung bioskop, akan merasakan pendengaran musik, efek suara dan dialog tidak berasal dari layar namun semua ada disekitar. Terdapat  standar teater  film bioskop yaitu memiliki tiga speaker di belakang layar, satu di sebelah kiri, satu di tengah dan satu lagi di sisi kanan dan beberapa speaker lain menyebar  diruang teater.
    Ini dinamakan sistem suara surround,  akan terdengar berbeda suara soundtrack yang berasal dari tempat yang berbeda. Bila seseorang berada disisi kiri layar mengatakan sesuatu, akan lebih terdengar dari speaker kiri. Sebagaimana dalam film Star Wars  suara gemuruh kepergian berasal dari depan teater menuju belakang pesawat angkasa yang terbang mengarah kamera hilang di layar. Penonton akan dilibatkan dalam pengalaman menonton film karena dunia film ada disekitar penonton.  
·      Komponen utama kedua bioskop adalah ukuran layar film yang besar. Dalam gedung bioskop layar mengambil bidang penglihatan yang sangat penting, membuat sangat mudah untuk melihat dan  penonton membenamkan diri pada film. Setelah duduk di ruang gelap hanya satu yang dilihat dan semua nampak lebih besar dan hidup.
·      Menonton lebih  nyaman karena dapat menonton semuanya dengan baik. Proyektor film menampilkan gambar dalam ukuran besar, lebih jelas. Detail gambar lebih  tajam dari pada jika dilihat dari televisi 19 inci, dan gerakan kelihatan lebih mengalir. Mungkin tidak  dengan sadar mengenali ini, tetapi ini  membuat suatu perbedaan penting  bagaimana kita menikmati suatu bioskop. Bisa dilihat lebih detail, lebih  memikat  dalam dunia perfilman. Gagasan dasar home teater merupakan penciptaan kembali elemen-elemen peralatan rumah.


SMK Negeri 3 Singaraja Bengkel Teknik Elektronika (Teknik Audio Video) Alamat : Jalan Gempol Banyuning, Singaraja Phone: (0362) 24544 Fax: (0362) 24544 Email: smk3singaraja@yahoo.co.id Email: info@smkn3singaraja.sch.id